Resensi The Things You Can See Only When You Slow Down │Haemin Sunim - Dunia Resensi

Kumpulan resensi buku, cara resensi buku, contoh resensi buku, resensi buku fiksi, resensi buku nonfiksi, resensi novel, contoh resensi novel.

Latest Update
Fetching data...

Senin, 20 Juli 2020

Resensi The Things You Can See Only When You Slow Down │Haemin Sunim

 
Kenapa saya begitu sibuk?

Ketika segala sesuatu di sekitar saya bergerak begitu cepat, saya berhenti sejenak dan bertanya, “Apakah memang dunia yang terlalu sibuk, atau malah batin saya?”
The Things You Can See Only When You Slow Down, Haemin Sunim


Buku self improvement dari Korea Selatan ini sudah terjual lebih dari tiga juta eksemplar di negara asalnya dan menduduki peringkat pertama buku terlaris selama 41 minggu berturut-turut. Kemudian diterbitkan dalam Bahasa Indonesia pada April 2020 oleh POP, imprint Kepustakaan Populer Gramedia. 

Resensi The Things You Can See Only When You Slow Down


The Things You Can See Only When You Slow Down memiliki delapan bab yang membahas berbagai aspek kehidupan—dari cinta, persahabatan, hingga kerja dan aspirasi—serta bagaimana sebuah perhatian yang sungguh-sungguh dapat membantu kita di dalamnya.

Setiap bab dibuka dengan sebuah esai, kemudian diikuti oleh serangkaian pesan singkat—kata-kata nasihat dan kebijaksanaan yang ditujukan langsung kepada pembaca untuk dipertimbangkan satu per satu, dan diingat.

Di sepanjang halaman ada ilustrasi warna yang dibuat oleh Youngcheol Lee; ini dimaksudkan sebagai selingan yang menenangkan, untuk merenung dan melambatkan kecepatan seperti yang dilakukan saat meditasi.

Haemin Sunim menginstruksikan agar membaca bukunya pelan-pelan, tidak seperti membaca novel. Supaya pembaca lebih bisa meresapi dan memahami maksud dari tulisannya. 

Hasilnya?

Saya mempraktekkan itu, membaca tidak terburu-buru dan memang menenangkan. 

Salah satu kata-kata Haemin  Sunim yang saya suka adalah;

“Saat kita berangkat kerja di pagi hari, apabila kita pernah bertanya, ‘Apa saya harus menjalani sisa hidup seperti ini?’ cobalah lakukan hal ini:

Bangunlah sedikit lebih awal keesokan paginya, kemudian duduklah di tengah keheningan, seperti sedang bermeditasi.

Tarik napas dalam-dalam dan lambat-lambat, dan ingatkan diri kita bagaimana pekerjaan kita membantu orang lain, meski tidak terasa penting atau tidak secara langsung.

Saat kita berfokus pada orang lain, kita bisa menemukan kembali arti dan tujuan pekerjaan kita.” Halaman 20.

Menurut saya, salah satu kelebihan buku ini adalah, menyentuh hampir semua sisi kehidupan yang terdiri dari dunia kerja, hubungan sosial baik teman maupun percintaan, lalu sisi spiritual dan masa depan. Membaca buku ini membuat saya bisa bersantai sambil berintrospeksi sejenak dari riuhnya kehidupan. 

Dunia kita memang sibuk, dan adanya buku ini memang membuat kita teringat kembali pada hal-hal yang sederhana tapi terlupakan begitu saja.

Jadi, selamat bermeditasi dan menepi sejenak dari bising dunia ini. 

Xoxo ...

***

Informasi buku:

The Things You Can See Only When You Slow Down

Penulis: Haemin Sunim

Judul Asli: The Things You Can See Only When You Slow Down

Penerjemah: Daniel Santosa

Penyunting: Katrine Gabby Kusuma

Ilustrasi: Youngcheol Lee

Genre: Self Improvement 

Cetakan Pertama: April 2020

ISBN: 978-602-481-365-9

Tebal: xi+265hlm; 13,5 cm x 18 cm

Tambahkan komentar di sini
EmoticonEmoticon