Mindset: Perubahan Dimulai dari Pola Berpikir │ Carol S Dweck - Dunia Resensi

Kumpulan resensi buku, cara resensi buku, contoh resensi buku, resensi buku fiksi, resensi buku nonfiksi, resensi novel, contoh resensi novel.

Latest Update
Fetching data...

Kamis, 23 April 2020

Mindset: Perubahan Dimulai dari Pola Berpikir │ Carol S Dweck



Mindset adalah buah dari penelitian Carol S. Dweck, Ph.D. selama 20 tahun. Dia adalah seorang yang dikenal dunia sebagai peneliti kenamaan di bidang psikologi dan kepribadian. Selain itu, penulis buku Mindset ini juga seorang guru besar psikologi di Universitas Stanford. Bahkan buku akademisnya, Self Theories: Their Role in Motivation, Personality, and Development, dinobatkan sebagai Book of the Year oleh World Education Fellowship

Berbagai tulisan Dweck juga dimuat oleh media terkemuka semacam The New York Times, The Washington post, dll. Jadi, menurut saya teramat sayang kalau kalian tidak melahap isi buku spektakuler karya Dweck yang telah bertengger jadi topseller di amazon.com, sejak 13 tahun lalu hingga sekarang.

Sebenarnya, apasih Mindset menurut Dweck?

Resensi buku Mindset


Dalam buku Mindset, Dweck membagi Mindset menjadi dua tipe, yaitu;

1. Fixed Mindset atau Mindset Tetap
2. Gwroth Mindset atau Mindset Tumbuh


Menurutnya, seorang fix mindset tidak percaya pada konsep “upaya”, mereka cenderung terkurung dalam penjara kepintaran yang mereka buat sendiri. Mereka percaya bahwa sekali kau mendapat nilai bagus selamanya kau akan mendapat nilai bagus.

Sementara itu, seorang growth mindset berpikir yang sebaliknya. Mereka percaya bahwa kecerdasan bisa berubah seperti halnya otot, yang kalau dilatih terus menerus akan menjadi kuat dan besar.

Dalam bukunya, Dweck menyebutkan beberapa nama publik figur agar kita bisa mempelajari tipe mindset dan akibat yang ditimbulkan dari mindset-mindset yang dimiliki mereka.

Contoh yang pertama adalah Michael Jordan. Michael Jordan juga bukan orang yang memiliki bakat alami. Dia seorang atlet yang bekerja paling keras, mungkin dalam sejarah olahraga. Seperti diketahui umum bahwa Michael Jordan dikeluarkan dari tim bola basket sekolah. Dia tidak diterima oleh perguruan tinggi tempat ia ingin bermain (North Carolina State University).

Mungkin kita akan berpikir bawah—mereka—itu bodoh, tapi pada saat itu dia hanyalah MICHAEL JORDAN.

Ketika dikeluarkan dari tim bola basket sekolah dia hancur. Namun, kemudian dia mendisiplinkan diri dengan terbiasa berlatih setiap jam 6 pagi.

Suatu ketika setelah timnya kalah dalam pertandingan terakhir pada musim pertandingan, Jordan pergi dan melatih lemparannya selama berjam-jam.

Bagi Jordan, kesuksesan berasal dari pikiran. Ketangguhan mental dan hati jauh lebih kuat daripada keunggulan-keunggulan fisik yang mungkin Anda miliki.

Selain contoh dari Michael Jordan, ada pula gambaran dalam hidup berpasangan. Orang yang memiliki tipe mindset tetap akan selalu menuntut pasangannya menerima segala sifat, kebiasaan baik dan buruk yang dimiliki dirinya tanpa ada usaha untuk memperbaiki diri.

Individu dengan mindset tumbuh tetap memiliki kekurangan, namun ia sadar kalau ia bisa dan mau memperbaiki diri agar menjadi pribadi yang lebih baik demi situasi hubungan yang akan dijalaninya. Ada situasi penyingkiran ego dari diri sendiri karena orang bertipe mindset tumbuh menyadari kualitas hubungan seperti apa yang bisa dijalani bila ia sedikit demi sedikit belajar untuk jadi lebih baik.

Selain dua contoh di atas, Dweck juga mengkontraskan dengan apik tokoh-tokoh dunia —dibidang musik, sastra, sains, dan juga bisnis—dalam delapan bab yang terkandung di buku ini.

Menurut saya, buku ini cocok sekali dibaca semua kalangan; para pemimpin, eksekutif, guru, orangtua, pelatih olahraga, maupun individu.

Seperti dikutip dari Guru Besar Universitas Indonesia, Rhenald Kasali, “Saya berharap, dengan membaca buku ini, kita bisa memperbarui cara mendidik dan membesarkan anak-anak kita. Karena, ada faktor lain selain prestasi akademik yang harus dibangun untuk melahirkan kehebatan.”

Ingat sekali lagi bahwa puncak adalah akibat dari melakukan apa yang kita cintai, puncak adalah efek samping dari antusiasme kita terhadap hal yang kita kerjakan.

Selamat membaca dan temukan banyak inspirasi yang niscaya membuat Anda senantiasa optimis, gembira, dan terampil membangkitkan kemampuan-kemampuan dahsyat dalam diri Anda.


Judul Asli : Mindset: The New Psychology of Success
Pengarang : Carol S. Dweck, Ph.D.
Alih Bahasa : Tim Penerjemah Baca
Penyunting : Amanda Setiorini dan Moh. Sidik Nugraha
Penerbit : PT Bentara Aksara Cahaya
Cetakan ll Edisi Revisi: Desember 2019
ISBN : 978-602-6486-35-6
Genre : Psikologi/Self Improvement

Tambahkan komentar di sini
EmoticonEmoticon