Resign: Cara Gila Meninggalkan Pekerjaan! - Dunia Resensi

Kumpulan resensi buku, cara resensi buku, contoh resensi buku, resensi buku fiksi, resensi buku nonfiksi, resensi novel, contoh resensi novel.

Latest Update
Fetching data...

Kamis, 08 Agustus 2019

Resign: Cara Gila Meninggalkan Pekerjaan!

resign-novel resign-almira bastari


Dunia Resensi - Resensi novel Resign 

“Sesibuk-sibuknya cungpret, kami masih punya waktu buka media sosial—terutama untuk ngecek gosip.” —Cungpret Senior


Resign!
Kira-kira kalau baca judul buku seperti di atas, kalian bakal mikir apa? Buku tentang tips & trik resign-kah? Ternyata bukan lhooo. Buku kuning ini adalah novel metropop yang ngepop abis, karya Almira Bastari.

Siapa sih, Almira Bastari si penulis Resign ini? Gini, aku ceritain sedikit. Almira ini bisa dikatakan penulis baru yang lumayan memiliki pembaca. Terbukti dari followersnya di salah satu platform menulis online—wattpad—yang mencapai ribuan. Lalu, dia menambah catatan ke-famous-annya setelah mencetak buku perdananya berjudul Melbourne Wedding Marathon yang terjual ribuan eksemplar. Wow!

Kalau kalian penasaran sama buku pertamanya, bisa akses ke duniaresensi.com di sana aku pernah buat resensinya.


Balik lagi ke buku kuning bernama Resign! Ini. Masih mengusung tema yang sama, yaitu metropop, kali ini Almira menceritakan persaingan ketat keempat cungpret (kacung kampret) di salah satu kantor konsultan. Anehnya, mereka berempat justru bersaing untuk resign duluan. Lho, kenapa kok malah saingan mau resign? Nanti ya, kita bahas setelah kenalan sama mereka.

Cungpret #1: Alranita
Pegawai termuda yang tertekan akibat perlakuan semena-mena sang bos.

Cungpret #2: Carlo
Pegawai yang baru menikah dan ingin mencari pekerjaan dengan penghasilan lebih tinggi.

Cungpret #3: Karenina
Pegawai senior yang selalu dianggap tidak becus tapi terus-menerus dijejali proyek baru.

Cungpret #4: Andre
Pegawai senior kesayangan sang bos yang berniat resign demi menikmati kehidupan keluarga yang lebih normal dan seimbang.

Dan satu lagi,

Sang Bos: Tigran
Pemimpin genius, misterius, dan arogan, tapi dipercaya untuk memimpin timnya sendiri pada usia yang masih cukup muda.

Nah, yang terakhir ini nih, biang keroknya.

Punya bos ganteng dan genius ternyata tidak membuat mereka berempat betah di kantor. Hla iya gimana mau betah, kalau ternyata si bos arogannya selangit, terus nyiksa dengan pekerjaan yang selalu nggak pernah bener. Duh, mending buru-buru ngajuin surat pengunduran diri ya, kan?

"Saya nggak pernah menyuruh kamu lembur. Kalau kamu sampai lembur, justru saya harus bertanya, dari pagi ngapain aja?"
- Bos yang tidak ingin dibantah

Sayangnya, radar si Tigran ini kuat banget soal usaha resign para bawahannya. Mereka selalu gagal setiap kali merencanakan wawancara kerja. Makanya sampai dibuat taruhan. Siapa yang resign paling terakhir, dia yang traktir paling mahal. Haha. Pokoknya kocak parah kelakuan mereka berempat deh. Lucu banget kalau pada ngumpul dan saling curhat soal masalah masing-masing.

"Gosip itu seperti energi-tidak mungkin dihilangkan, tapi dapat berpindah atau berubah bentuk."
- Hukum Fisika Cungpret

Kisah aktivitas kantor dalam novel ini terdeskripsikan dengan detail dan mengasyikkan untuk dibaca. Twist para tokohnya enak untuk dinikmati. ditambah dialog-dialog yang konyol dan fresh, membuat novel ini bisa banget jadi bacaan yang menghibur. Cocok banget dibaca saat otak sedang butuh penyegaran.

Selanjutnya, novel metropop tanpa scene cinta-cintaan itu kurang greget donggg. Jadi, di novel ini juga disisipin kisah-kasih beraroma cinta. Eaaa haha. Yah, walaupun tetep yang mendominasi seputaran resign, tapi cerita cintanya lumayan menghibur juga kok. Kenapa kubilang lumayan, karena diceritakan buru-buru, seperti udah bangun kesiangan, ketinggalan angkot lagi. Nah, seperti itu. Terkesan dipaksakan.

Namun meskipun begitu, menurutku Almira menunjukan kemajuan yang signifikan dari novel sebelumnya. Yah, biarpun masih aja ada beberapa kesalahan ya. Seperti di halaman 192, ada 3 paragraf berulang-ulang. Kemudian halaman 150, yang pas ketemu Arya. Pertamanya dia bilang, “Untung gue dua minggu lagi nikah. …”, namun di paragraph selanjutnya dia bilang, “Parah, parah! Gue baru mau nikah minggu depan”, yang benar yang mana?

But overall, this is a-must-read book! Nggak bikin bosen dan ngangenin. Satu lagi yang bikin novel Resign ini lebih classy adalah adanya quotes ngawur tapi bener di setiap babnya. Haha.
Selamat membaca, semoga terhibur dengan Tigran dan keempat cungpretnya.


Judul: Resign

Penulis: Almira Bastari
Editor: Claudia Von Nasution
Desain sampul: Orkha Creative
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tebal Buku              : 288 halaman
Tahun Terbit          : Januari 2018
ISBN                           : 9786020380711
Genre: Metropop






Tambahkan komentar di sini
EmoticonEmoticon